data-ad-format="auto"

kelahiranku?



oleh. ismail hasan (hilang orang)



aku tidak dilahirkan pada masa permulaan
pun tidak dilahirkan, pada masa proses
aku lahir dimasa ketika semuanya sudah tersedia

ketika mata terbuka, semuanya telah tersajikan dihadapan mata
aku tidak pernah melihat mana awal dan proses
tidak pula terdengar cerita-cerita rakyat atau dongeng si kancil, ataupun sangkuriang

saat kaki mulai bisa melangkah, aku tak perlu berjalan untuk berpergian
hanya dengan duduk, aku sudah bisa pergi dari satu tempat ke tempat yang lain
kakiku tak perlu kesakitan

otakku talah terisi oleh sajian-sajian yang telah tersedia
tak perlu berfikir, apalagi bernalar,  sebab semua telah tersajikan

aku lahir dimasa, manusia dan peradabannya tak perlu susah-susah mencari, tak perlu berfikir, dan hanya menerima serta ikut-ikutan apa yang telah disajikan.

ooh dimasaku manusia-manusia, otaknya telah tumpul, matanya buta, telinganya tuli, kakinya lumpuh, mulutnya telah bisu dan nuraninya pun telah beku,.



0 wicara:

 

ANDA PENGUNJUNG YANG KE

IKLAN

TRANSLATE