data-ad-format="auto"

REVIEW TENTANG PENGGUNAAN APLIKASI LAPOR

REVIEW TENTANG PENGGUNAAN APLIKASI LAPOR
(Layanan Aspirasi dan pengaduan Online Rakyat )
SEBAGAI PRASYARAT UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH ELECTRONIC GOVERNMENT
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA


ANGGOTA KELOMPOK :
ZAQIATUL ROIKHAH (1111408592)
DIMAS BAYU ANDIKA (1111408530)
DWI CAHYANTI (1111408554)

Sebagai wujud dari pelaksanaan electronic government Indonesia telah meluncurkan banyak aplikasi online yang bertujuan untuk mempermudah akses dalam pelayanan dan pengaduan dalam konteks dalam pemerintahan, sebagai contoh hadirnya aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (disingkat LAPOR!) adalah aplikasi media sosial pertama di Indonesia yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik.
Aplikasi ini adalah sebuah inisiatif dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) dalam rangka menyediakan sarana pengaduan yang terpadu dan mudah diakses bagi seluruh masyarakat Indonesia. Berbasis media sosial, layanan ini ditujukan untuk meningkatkan interaksi antara masyarakat dengan pemerintah. LAPOR! juga dilengkapi dengan berbagai fitur guna mendorong ketuntasan setiap laporannya.
Layanan ini telah terhubung dengan 67 instansi pemerintah yang terdiri dari seluruh kementerian, sejumlah lembaga non-kementerian, dan pemerintah daerah.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah pemerintah daerah pertama dan disusul dengan Pemerintah Kota Bandung yang terhubung dengan layanan ini dan sudah melakukan sosialisasi. Hingga Oktober 2013, telah terdaftar lebih dari 225.000 pengguna LAPOR! dengan rata-rata 1.435 pengaduan yang diterima per harinya. Lapor yang di ciptakan khusus sebagai sarana pengaduan masyarakat terhadap kinerja administrator public dan pengaduan kebijakan pemerintah seperti :pungli, gajibuta, infrastruktur pemerintahan yang tidak layak pakai dan sebagainya. Aplikasi ini di luncurkan sebagai salah satu jalan pemerintah memperbaiki mutu pelayanan terhadap masyarakat, .aplikasi ini ditujukan agar masyarakat yang mengadukan masalah pelayanan publik, bisa ditangani lebih efektif. Untuk diketahui, selain KemenPANRB, KSP dan ORI juga menerima banyak keluhan pelayanan.
 Dari segi efisiensi menurut saya kurang bagus, berawal dari cara log in yang menurut kami cukup rumit pertama login email untuk verifikasi akun, setelah masuk ke dalam beranda kita akan di suguhkan untuk membuat laporan atau pengaduan atau sekadar membaca di beranda aduan dari user seluruh Indonesia, setelah kita ingin mengunggah laporan yang kita keluhkan adalah langkah yang harus di lakukan yakni verifikasi akun dan nomor telepon yang seharusnya cukup di awal ketika kita akan sign in tapi harus jalan dua kali,tapi bagusnya dari segi laporang yang sudah terunggah sudah di pilah-pilah berdasarkan bidangnya pada kolom topic laporan seperti :ada kolom infrastruktur berisi sub kolom perkeretaapian, transportasi udara, darat, laut dan ruang public jadi terkesan rapi dan tidak rancu, mudah di baca dan tertata rapi.Dengan begitu pembaca juga bisa belajar bagaimana cara membuat laporan atau aduan yang memenuhi kualifikasi valid untuk ditindak lanjuti oleh dinas dan pemkab terkait.Dari segi efektifitas menurut saya sangat efektif karena di jaman ini adalah era digital dimana banyak orang beralih dan lebih banyak menggunakan gadget jadi aplikasi ini seolah menjadi gayung bersambut bagi para netizen yang dapat di manfaatkan sebagai ajang penyalur aspirasi dan keluhan terhadap kinerja dan program pemerintah. Selain itu mudah di akses dengan cara mengunduh di play store pada smart phone yang di gunakan.Sejauh pengamatan kami tentang aplikasi ini ada beberapa orang yang menyatakan bahwa laporan yang diajukan lansung di tindak lanjuti oleh dinas terkait tetapi mengalami kesulitan dari segi birokratnya yang enggan untuk berbenah, bahkan ada salah satu pemilik akun yang menyatakan bahwa dirinya akan di ancam oleh birokrat tersebut untuk tidak lagi memposting tentang keluhan yang ingin di unggah untuk di cari solusinya
Dari segi konten, banyak pengguna yang mengeluhkan tentang susahnya log in akun dan verifikasi nomor telepon, tapi juga banyak sekali ulasan yang menyatakan bahwa laporan yang di ajukan sangat jarang untuk di tanggapi atau tidak responsive, ada baiknya di sediakan admin khusus untuk sekadar menyatakan bahwa laporan yang di unggah sudah diterima oleh dinas terkait dan akan di tindak lanjuti berdasarkan tingkat urgensi dan skala prioritas. Menurut kami itu jauh lebih melegakan daripada sekadar tidak ada reply dan notifikasi bahwa laporan sudah terunggah, dengan adanya balasan tersebut pelapor paling tidak mengetahui bahwa laporan yang diajukan sudah di sampaikan kepada dinas terkait dan menunggu untuk di realisasikan berupa program yang akan segera di adakan untuk mengatasi keluhan yang di sampaikan.

Saluran Pengaduan Aplikasi LAPOR!
Diantara semua konten yang ada dalam aplikasi LAPOR!, menurut kami tidak adanya saluran pengaduan inilah yang membuat user tidak dapat mengadukan apapun yang dialami selama memakai aplikasi ini. Meskipun pada konten terlihat lengkap karena adanya topik laporan yang sudah dibedakan menurut bidangnya akan tetapi saluran pengaduan ini hendaknya tetap ada. Karena tidak semua user paham mengenai aplikasi ini dan bisa bertanya sewaktu-waktu jika mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi ini. Namun kendala dalam penggunaan aplikasi ini memang sudah dialami sejak pertama kali menggunakan, dimana saat aktifasi email tidak langsung tersinkronkan secara otomatis. Sehingga masih harus memasukkan data satu persatu padahal data yang ada sudah sama persis dengan data dalam email yang disinkronkan.
Dalam masalah ini saja kami sebagai user tidak dapat mengadukan apapun karena memang tidak tersedianya saluran pengaduan. Sebagai user penting bagi kami adanya saluran pengaduan ini. Karena sangat tidak etis juga disaat banyak masyarakat melaporkan topik tertentu, akan tetapi kami malah menanyakan bahkan ingin menyampaikan keluhan terkait aplikasi ini. Seharusnya memang harus disediakan saluran pengaduan ini agar user bisa memberikan respon untuk developer dan developer pun bisa dengan cepat mengetahui permasalahan yang dialami oleh user. Dengan begitu user maupun developer bisa saling komunikasi untuk memperbaiki aplikasi ini kedepannya.
Lalu adanya pilihan untuk sign in ke dalam aplikasi seperti facebook, twitter dan gmail, sangat disayangkan saat kita keluar dari aplikasi tersebut lalu ingin masuk kembali kedalam aplikasi malah kami diharuskan memilih kembali opsi tersebut. Seharusnya saat akun kami belum sign out, akun kami tetap terbuka dan tidak harus masuk ulang seperti ini. Mungkin maksud developer membuat hal tersebut memang baik agar akun kami tidak digunakan oleh pihak-pihak lain yang tidak bertanggungjawab, akan tetapi tetap ini membuat rumit saat kami hendak melaporkan sesuatu masalah tetapi diminta untuk log in lagi dengan opsi akun seperti awalnya. Nah pada permasalahan ini juga kami sebagai user tidak bisa melaporkan hal ini agar bisa dipertimbangkan lagi oleh developer.
Saluran pengaduan ini nampaknya memang harus diciptakan dalam aplikasi ini untuk mengantisipasi banyaknya keluhan dari user. Mungkin memang tujuan dari aplikasi ini hanya sebagai saluran pengaduan permasalahan masyarakat yang dialami saat itu juga atau bisa dari masalah yang terjadi pada orang lain.Namun bisa dilaporkan oleh user yang telah memiliki akses untuk melaporkan dalam aplikasi ini. Akan tetapiada baiknya sudahtersediadiawal agar saat user membutuhkanbantuandaninginmengadukankeluhanbisalangsungmenuju menu saluranpengaduan. Sehinggalebihefektifdanefisiensecarapenggunaan.
 Saran dari kami sebagai user ialah untuk diadakannya menu saluran pengaduan guna mempermudah komunikasi kami dengan developer terkait penggunaan aplikasi ini. Bukan hanya membaca syarat penggunaan saja dimana kami tidak diberi wadah khusus untuk menanyakan apa yang ingin kami tanyakan tanpa harus menghubungi email atau kontak developer. Sedangkan forum yang dibuat khusus untuk melaporkan kejadian atau kendala yang dialami saja tanpa ada komentar mengenai aplikasi ini. Mungkin developer menganggap jika saluran pengaduan ini hanya akan menambah bebanpada server, sedangkan masyarakat Indonesia saat ini lebih kritis sehingga segala sesuatunya juga harus di persiapkan tanpa harus menunggu adanya complain dari masyarakat. Semoga untuk kedepannya aplikasi LAPOR! dapatmenambah menu yang memang seharusnya ada dan bermanfaat bagi usernya.
Interface (kemudahan akun : edit, respon)
Dalam setiap aplikasi, poin ini menjadi hal yang tidak bisa diacuhkan begitu saja. Mengingat penggunaan aplikasi ini memang ditujukan untuk user karena berbentuk pengaduan jadi kemudahan dalam menggunakan akun sangatlah penting. Dari yang telah kami alami, sejauh ini cukup baik meskipun masih ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki. Diantara saat pertama kali kami log in disitulah kami sebagai user diberi kemudahan memilih salah satu opsi sebagai media untuk log in ke dalam aplikasi ini yakni facebook, twitter dan gmail. Pilihan akun tersebut secara umum memang sudah banyak user yang juga mempunyainya, sehingga tidak ada kesulitan saat ingin log in ke dalam aplikasi ini. Lalu setelah log ini inilah yg menjadi kendala bagi user dimana harus mengisi data ulang sebagai pengguna padahal akun yang dipilih sudah ada data lengkal pribadi kami, sehingga rasanya begitu menyita waktu hanya dari log in saja. Lalu saat melaporkan kejadian termasuk mudah karena ada menu untuk menambahkan laporan baru. Respon yang diberikan pun bervariasi, ada yang sehari melapor langsung direspon oleh pihak terkait dalam kurun waktu beberala jam saja. Ada pula yang lebih dari sehari, akan tetapi tidak melebihi 3 hari jam kerja. Karena memang jelas sudah dalam komitmen aplikasi bahwa pemberian respon maksimal 3 hari kerja, sehingga jika pelaporan jatuh pada bukan hari kerja agak lama untuk mendapatkan respon terkait permasalahan yang dilaporkan. Akan tetapi semua respon yang diberikan kebanyakan memuaskan karena yang merespon pun dari pihak yang menanganinya langsung sehingga tidak ada acara "melempar bola" saat mengatasi laporan dari user. Akan tetapi perlu kesabaran jika dilaporkan tidak pada hari kerja, karena tidak adanya respon cepat dari developer. Sehingga disarankan untuk semua user aplikasi ini agar melaporkan permasalahan pada hari kerja dan dihitung selama 3 hari agar nanti bisa menghitung perkiraan terbalasnya pengaduan tersebut. Dan untuk menghindari permasalahan yang bertumpuk memang perlu adanya konten untuk memisah laporan. Sehingga bisa dilihat oleh user laporan yang mana saja yang telah masuk dan menjadi laporan terupdate dalam aplikasi ini.
Selain itu dari segi Interface aplikasi ini sangat transparant, mudah untuk menyetujui dan mengkomentari postingan orang lain tapi sulit untuk menyunting dari apa yang kita komentari karena setelah kita memposting mengomentari,  postingan tersebut bisa tenggelam tertutup oleh postingan orang lain yang lebih baru jika kita tidak jeli untuk memperhatikan tentang keyword dari postingan tersebut misal keyword nya adalah jalan berlubang atau bisa juga di masukan nama orang atau akun yang memposting laporan tersebut.


Pendapat penulis tentang aplikasi Lapor! Ada 2 sisi, Yaitu :
Sisi Positif yang ada di dalam aplikasi Lapor! Adalah, aplikasi ini memberikan ruang kepada seluruh elemen masyarakat melaporkan segala kejahatan, pelayanan publik, dan  pungli / korupsi. Masyarakat dapat melaporkan setiap kejadian yang di alami dalam daerah masing-masing. Dan semua hal yang dilaporkan akan masuk disetiap kategori yang sudah disediakan oleh aplikasi Lapor!. Ada 22 kategori yang ada di dalam aplikasi tersebut, isinya adalah :
Pariwisata
Jaga KPK
Bantuan Pangan
Tidak Aktif
Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola
Pendidikan
Kesehatan
Kemaritiman
Pertanian
Energi dan Sumber Daya Alam
Infrastruktur
Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana
Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar, dan Transmigrasi
Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
Bidang Perekonomian
Bidang Kesejahteraan Rakyat
Topik Lainnya
Topik Khusus
Situasi Khusus
Kritik / Saran untuk Lapor!
Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta
Pemilu
Dari katergori yang ada diatas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Lapor! Sangat membantu penulis untuk mengetahui seberapa besar dan lengkapnya aplikasi yang diciptakan untuk melaporkan segala macam bentuk kejadian apapun yang dialami oleh  masyarakat. Inilah yang menjadi alasan mengapa penulis menyarankan seluruh masyarakat dapat menggunakan aplikasi Lapor! untuk melaporkan segala kejadian yang terjadi ketika masyarakat mengalami ketidakpuasan dalam pelayanan publik yang diberikan. Jadi penulis menyarankan beberapa hal yang perlu diperbaiki didalam aplikasi Lapor!, Kemudahan akses dalam menggunakan aplikasi adalah sebuah kewajiban. Mengapa demikian, agar masyarakat yang akan menggunakan aplikasi Lapor! dapat lebih mudah dan lebih terbantu. Dengan begitu, aplikasi Lapor! akan menjadi pioneer dalam beberapa aplikasi yang telah ada.
Sisi Negatif yang ada di aplikasi Lapor! adalah Aplikasi ini medapatkan banyak sekali kritik dalam langkah awal setelah pemakai aplikasi mendownload aplikasi Lapor!. Penulis juga melihat review yang ditulis oleh masyarakat dan merasakan hal yang sama dengan pengguna aplikasi yang lain. Karena untuk masuk ke aplikasi Lapor! banyak sekali step by step yang menurut penulis dan sebagian masyarakat kurang maksimal. Kemudian, respon yang ada di dalam aplikasi ini juga kurang sigap dan tanggap.

Padahal di dalam aplikasi lapor! banyak sekali laporan yang memiliki prioritas yang tinggi. Apakah hal ini disebabkan kurang adanya kekuatan dalam penggambilan keputusan / kurangnya tenaga kerja yang ada didalam aplikasi lapor! sendiri. Terkadang penulis juga merasa aplikasi lapor! kurang memberikan dampak yang kongkrit dalam perubahan yang dilaporkan oleh masyarakat. Penulis juga menyayangkan adanya birokrat yang masih mengancam ketika laporan dibuat. Haruskah masyarakat hanya dapat diam dan melihat apa yang terjadi dan tidak dapat melaporkannya. Inilah yang penulis bisa sampaikan / nilai dalam sebuah aplikasi Lapor!. Jika ada pihak-pihak yang dirugikan, sebagai penulis, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Karena setiap warga Negara berhak memberikan opini yang ada. Resume ini dibuat semata-mata untuk memberikan informasi kepada setiap masyarakat agar bisa menggunakan dan menyampaikan segala macam kendala yang terjadi.

0 wicara:

 

ANDA PENGUNJUNG YANG KE

IKLAN

TRANSLATE